Waspadai dan Atasi Sejak Dini Wasir Saat Hamil dan Usai Melahirkan oleh Dr. Achmad Zani SpOG



Ambeien pasca-melahirkan ( sebelumnya Ibu tidak memiliki penyakit ambeien ).

Pertanyaan :
1. Apa saja penyebab ambeien pasca melahirkan dimana sebelumnya ibu tidak memiliki penyakit ambeien? (baru dialami setelah melahirkan)

Ada 3 hal yang bisa menyebabkan ambeien pada ibu pasca melahirkan:
1. Peningkatan tekanan pada pembuluh darah balik (vena) panggul karena penekanan oleh rahim yang membesar selama masa kehamilan.
2. Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan dapat menimbulkan efek relaksasi pada dinding dan katup vena disekitar anus.
3. Trauma pada pembuluh darah di sekitar anus pada saat persalinan karena proses mengedan selama persalinan dan tekanan dari bayi pada saat melahirkan.

2. Apakah karena mengejan terlalu kuat saat melahirkan normal?

Bisa, ambeien bisa timbul jika ibu mengedan terlalu kuat dan lama pada saat proses persalinan normal.

3. Apa saja gejala ambeien pasca-melahirkan?

Gejala yang timbul pada ambeien pasca melahirkan tergantung pada tingkatan ambeien yang terjadi.  Pada tingkat ringan biasanya ditemukan darah pada saat BAB, pada tingkatan yang lebih lanjut dapat ditemukan benjolan yang keluar di anus pada saat BAB.  Benjolan ini bisa masuk sendiri setelah BAB dan bisa juga tidak.

4. Apa saja tingkatan ambeien (stadium 1-stadium 4) dan penjelasannya?

Berdasarkan lokasinya, ambeien dibedakan menjadi ambeien eksterna yang lokasi lebih dekat keluar dan ambeien interna yang lokasinya lebih di dalam namun dapat juga muncul keluar dari anus.  Ambeien interna ini dibagi menjadi 4 stadium berdasarkan tingkat keparahannya.
Stadium-1: terjadinya perdarahan pada saat BAB.
Stadium-2: terjadinya perdarahan pada saat BAB disertai adanya benjolan yang keluar dari anus yang akan masuk kembali dengan sendirinya setelah BAB.
Stadium-3: terjadinya perdarahan pada saat BAB disertai adanya benjolan yang bertambah besar keluar dari anus yang bisa masuk kembali jika didorong dengan tangan.
Stadium-4: terjadinya perdarahan pada saat BAB disertai adanya benjolan yang semakin besar keluar dari anus dan tidak bisa masuk kembali ke dalam anus.

5. Apakah ambeien pasca-melahirkan bisa sembuh sendiri? Maksudnya pada wanita yang tidak mempunyai gejala ambeien sebelum hamil, apakah gejala yang mengganggu ini bisa hilang di awal masa nifas?

Bisa, ambeien yang timbul pasca melahirkan dapat hilang dengan sendirinya, terutama jika ibu dapat menghindari konstipasi.

6. Bagaimana mengatasi ambeien? Baik cara alami, obat, hingga tindakan operasi?

Cara mengatasi ambeien:
1.Minum air putih sebanyak 2-3 liter sehari dan banyak makan buah, sayur serta makanan tinggi serat. Makanan yang seimbang, kaya serat, sayur dan buah-buahan dapat menghindari konstipasi/sembelit. Hal ini membuat Anda tidak perlu mengejan pada saat BAB.
2. Usahakan BAB teratur 1 kali sehari.  Jangan menunda BAB, segera ke kamar mandi jika ada dorongan ingin BAB karena menunda BAB akan membuat kotoran menjadi kering dan keras.
3. Jangan duduk terlalu lama di toilet
4. Olah raga teratur seperti senam, berjalan atau berenang, hindari olah raga yang membuat duduk lama seperti bersepeda.
5. Hindari mengangkat beban yang berat sehingga memberikan tekanan pada rongga perut.
6. Untuk membantu memperlancar BAB dapat diberikan obat pelunak kotoran/stool softener dan suplemen yang mengandung banyak serat.
7. Untuk menghilangkan nyeri dan mengurangi perdarahan dapat diberikan obat-obat yang dioleskan atau dimasukkan ke dalam anus (supositoria).  Konsultasikan dengan dokter obat yang sesuai dengan kebutuhan anda.
8. Tindakan operasi dapat dilakukan pada ambeien stadium 3 dan 4 atau pada stadium 2 yang tidak mengalami perbaikan dengan pengobatan non operatif

7. Tips dan saran?

Tips untuk mengurangi risiko timbulnya ambeien selama masa kehamilan:
1. Cegah konstipasi dengan banyak mengkonsumsi  makanan berserat dan minum air putih 2-3 liter sehari.
2. Istirahat/tidur dalam posisi miring.
3. Hindari berdiri atau duduk dalam waktu yang lama.
4. Gunakan teknik mengangkat beban yang benar untuk menghindari mengejan pada saat mengangkat beban.
5. Lakukan latihan otot dasar panggul (Kegel exercise).
6. Latihan senam hamil dan latihan mengedan agar tidak mengedan terlalu kuat pada saat persalinan.


Ibu hamil dengan riwayat penyakit ambeien ( mempersiapkan kelahiran ).

Pertanyaan :
1. Pengertian/definisi ambeien?

Ambeien adalah pelebaran pembuluh darah balik di sekitar anus.

2. Bagaimana gejala yang muncul pada ambeien ibu hamil?

Gejala ambeien yang timbul pada ambeien ibu hamil tergantung pada tingkatan ambeien yang terjadi.  Pada tingkat ringan biasanya ditemukan darah pada saat BAB, pada tingkatan yang lebih lanjut dapat ditemukan benjolan yang keluar di anus pada saat BAB.  Benjolan ini bisa masuk sendiri setelah BAB dan bisa juga tidak.

3. Apakah ambeien bertambah parah dengan makin besarnya kandungan? Pada trimester berapa mulai terasa?

Ya. Rahim yang semakin besar akan menekan pembuluh darah balik dan meningkatkan tekanan dalam pembuluh darah balik tersebut. Gejalan biasanya akan mulai terasa pada trimester dua kehamilan.

4. Apakah boleh diberikan obat ambeien selama kehamilan?

Pada kehamilan awal sebaiknya  dilakukan pengaturan pola makan tinggi serat dan minum air putih 2-3 liter sehari saja untuk melunakkan BAB dan menghindari mengedan. Pada kehamilan lanjut dan jika ambeien dirasakan sangat mengganggu dapat diberikan obat oles yang mengandung anastesi lokal atau obat yang dimasukkan ke anus.

5. Bagaimana mempersiapkan kelahiran bagi ibu hamil dengan penyakit ambeien?

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk melakukan senam hamil dan latihan yang benar sehingga tidak mengedan terlalu kuat pada saat proses persalinan.

6. Haruskah dengan persalinan sesar atau boleh normal? Apa alasannya?

Ibu hamil dengan ambeien masih bisa bersalin normal. Namun jika ambeien sangat besar dan dikhawatirkan bisa pecah selama proses persalinan maka operasi sesar dapat dipertimbangkan. Konsultasikan dengan dokter mengenai pilihan dan kemungkinan-kemungkinan yang ada.

7. Tips dan saran?

Wanita yang pernah mengalami ambeien sebelum hamil lebih mudah untuk mengalaminya kembali selama kehamilan, untuk mengurangi risiko timbulnya ambeien maka perlu:
1. Cegah konstipasi dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat dan minum air putih 2-3 liter sehari.
2. Istirahat/tidur dalam posisi miring.
3. Hindari berdiri atau duduk dalam waktu yang lama.
4. Gunakan teknik mengangkat beban yang benar untuk menghindari mengejan pada saat mengangkat beban.
5. Lakukan latihan otot dasar panggul (Kegel exercise).
6. Latihan senam hamil dan latihan mengedan agar tidak mengedan terlalu kuat pada saat persalinan


© Copyright 2017 RSIA. Bunda Aliyah
Developed by